PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020)

ROZANO MALIK NOVHAR

Informasi Dasar

22.04.3481
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Return saham adalah laba atau keuntungan yang dinikmati oleh pemodal atas investasi yang dilakukannya pada perusahaan tertentu. Informasi yang terkait dengan saham perusahaan tercermin dalam laporan keuangan. Di dunia investasi setiap investor sangat memperhatikan return saham perusahaan dalam memilih investasi saham. Semakin tinggi tingkat return yang diharapkan maka semakin tinggi pula risiko yang akan diterima dan sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas, kemampuan perusahaan dalam memberikan laba atas ekuitas yang diukur dengan pengukuran Return on equity (ROE). Likuiditas, kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dengan menggunakan perhitungan Current Ratio (CR). Leverage, kemampuan perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajibannya dengan menggunakan perhitungan Debt to Equity Ratio (DER) pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.

Populasi dalam penelitian ini perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dalam pengolahan data yang menghasilkan 14 sampel perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun sehingga diperoleh 70 sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi Eviews 12 untuk analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel.

Hasil pengujian, diketahui bahwa profitabilitas, likuiditas dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap return saham. Sementara itu secara parsial menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan likuiditas dan leverage tidak berpengaruh secara parsial terhadap return saham.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perusahaan maupun investor disarankan untuk memperhatikan rasio profitabilitas perusahaan khususnya ROE, karena rasio profitabilitas berpengaruh positif terhadap return saham. Oleh karena itu, ketika nilai ROE meningkat diharapkan nilai return saham akan naik.

Kata Kunci: Return saham, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage.

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROZANO MALIK NOVHAR
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini