Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Asuransi Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

WAHID PRASETYO NUGROHO

Informasi Dasar

22.04.3527
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandangan investor pada tingkat kemajuan perusahaan dapat dilihat melalui nilai perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan oleh tingginya harga saham membuat investor semakin percaya pada prospek perusahaan di masa depan. Memaksimalkan nilai perusahaan dan meningkatkan laba perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para investor, hal ini akan menjadi dasar penting untuk melindungi keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabel yang diteliti berupa ukuran perusahaan yang diproyeksikan dengan ln total aset, struktur modal yang diproyeksikan dengan debt to equity, profitabilitas yang diproyeksikan dengan return on equity terhadap nilai perusahaan (Studi Pada Perusahaan Asuransi Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan pada perusahaan asuransi umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama lima tahun sehingga diperoleh 40 observasi dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan Eviews 10.

Temuan penelitian ini secara parsial ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Namun secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Saran bagi penulis selanjutnya, untuk menambahkan variabel yang berbeda dan diduga berpengaruh seperti kinerja keuangan, likuiditas, leverage dan lain-lain. Selain itu dengan menggunakan sektor lain dan periode waktu yang berbeda, kemungkinan akan memperoleh hasil yang berbeda pula. Selain itu, struktur modal pada perusahaan mampu memanfaatkan pembiayaan hutang untuk mendapatkan perolehan laba perusahaan yang tinggi.

Subjek

AKUNTANSI-INDONESIA
PROFITABILITY-COMPANY,

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Asuransi Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHID PRASETYO NUGROHO
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini