Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan dan Financial Leverage Terhadap Profitabilitas pada Perusahan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020

RINA RAHAYU

Informasi Dasar

22.04.3585
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan melakukan kinerja keuangan baik demi mencapai tujuan perusahaan yang hendak dicapai dengan memaksimalkan keuntungan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan meningkatkan profitabilitas suatu perusahaan.  Profitabilitas perusahaan akan mencerminkan suatu kondisi keuangan perusahaan. Tingkat profitabilitas yang tinggi akan menggambarkan bahwa perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam menjalankan operasionalnya. Profitabilitas juga dipengaruhi oleh hasil produk yang dihasilkan, perusahaan yang memproduksi kebutuhan pokok cenderung lebih stabil keuntungannya dibandingkan yang memproduksi barang modal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, financial leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan dengan periode pengamatan 3 (tiga) tahun sehingga didapat 45 sampel dalam penelitian ini. Namun, terdapat 6 data outlier dari 3 periode selama tahun 2018-2020, sehingga terdapat 39 sampel. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikn saham publik, ukuran perusahaan, financial leverage secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan kepemilikan saham publik, financial leverage tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman tahun 2018-2020.

Saran bagi perusahaan agar lebih memperhatikan perimbangan antara modal dan modal luar yang akan digunakan, Setiap perusahaan perlu memperhatikan penggunaan Aset dan hutang yang dimiliki selama kegiatan operasional perusahaan berlangsung agar dapat memperoleh laba yang diinginkan demi keberlangsungan usahanya.

Kata Kunci: Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Profitabilitas

Subjek

ACCOUNTING
FINANCIAL ACCOUNTING,

Katalog

Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan dan Financial Leverage Terhadap Profitabilitas pada Perusahan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINA RAHAYU
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI2S3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini