PENGARUH DEFERRED TAX EXPENSE, BEBAN IKLAN, DAN PERSAINGAN PASAR TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan Olahan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021)

FADHILAH CAHYA SALSABILA

Informasi Dasar

22.04.3603
336.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pajak merupakan iuran yang wajib dilaksanakan warga negara Indonesia dan digunakan untuk kebutuhan negara membayar pengeluaran umum. Oleh karena itu, pajak menjadi salah satu pendapatan negara yang paling besar dan kontribusinya sangat dibutuhkan. Namun, bagi sebuah perusahaan, pajak merupakan beban yang cenderung ingin dihindari dengan melakukan agresivitas pajak. Agresivitas pajak merupakan perencanaan perpajakan dalam perusahaan untuk mengurangi jumlah pajak yang dibebankannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak adalah deferred tax expense, beban iklan, dan persaingan pasar.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis deferred tax expense, beban iklan, persaingan pasar dan agresivitas pajak. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan secara simultan dan parsial terhadap pengaruh deferred tax expense, beban iklan, dan persaingan pasar terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sub-sektor makanan olahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021.

Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan terdiri dari 19 perusahaan subsektor makanan olahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021 dan memperoleh sampel sebanyak 42 sampel dari hasil yang menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi data panel dengan software E-Views 12 Student Version. Model analissi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.

Dari hasil analisis deskriptif dan regresi data panel dapat disimpulkan bahwa deferred tax expense, beban iklan, dan persaingan pasar memiliki pengaruh secara simultan terhadap agresivitas pajak. Secara parsial, deferred tax expense berpengaruh dengan arah negatif terhadap agresivitas pajak, beban iklan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, dan persaingan pasar memiliki pengaruh dengan arah positif terhadap agresivitas pajak.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan informasi tambahan bagi peneliti selanjutnya dan memberikan gambaran bagi investor terkait faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat agresif pajak dalam pengambilan keputusan.

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Beban Iklan, Deferred Tax Expense, dan Persaingan Pasar

Subjek

TAX
TAX & TAXATION,

Katalog

PENGARUH DEFERRED TAX EXPENSE, BEBAN IKLAN, DAN PERSAINGAN PASAR TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan Olahan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILAH CAHYA SALSABILA
Perorangan
Kurnia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI1L3 - PERPAJAKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini