PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY PADA APLIKASI HALODOC

NAFI NAHDA SABIRA

Informasi Dasar

22.04.3619
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin pesat dan membaik, tidak dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi kini telah meluas ke segala bidang dalam kehidupan manusia. Dampak dari era digitalisasi tersebut juga dirasakan perkembangannya dalam bidang kesehatan di Indonesia, terlebih disaat Pandemi Covid-19 yang telah meningkatkan permintaan layanan konsultasi via elektronik. Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi para platform kesehatan di Indonesia, namun disisi lain akan meningkatkan daya saing platform kesehatan itu sendiri, perusahaan harus terus berusaha memberikan layanan terbaiknya. Halodoc merupakan salah satu platform kesehatan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh e-service quality terhadap satisfaction dan loyalty pelanggan pada aplikasi Halodoc di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan tujuan penelitian kausal, menggunakan data empirik yang diambil melalui hasil survei kepada 391 sampel responden pengguna Halodoc. Dalam waktu pelaksanaannya penelitian ini termasuk kedalam penelitian cross sectional. Berdasarkan dari teknik analisis penelitian menggunakan model penelitian Partial Least Structural Equation Model (PLS-SEM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction dan customer loyalty pelanggan pada aplikasi Halodoc, dan customer satisfaction memediasi pengaruh e-service quality terhadap customer loyalty secara partial atau semu. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan Halodoc berdasarkan hasil penelitian ini adalah menjaga dan meningkatkan e-service quality pada aplikasi Halodoc dengan cara meningkatkan ketanggapan aplikasi, meningkatkan keaman dengan memperketat tiap proses transaksi, mengembangkan tampilan pada aplikasi dengan memperhatikan user design, memberikan informasi terkait layanan di section notification, menjamin keamanan atas keamanan data pada aplikasi Halodoc.

Subjek

SERVICE MARKETING-MANAGEMENT
QUALITY SERVICE,

Katalog

PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY PADA APLIKASI HALODOC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAFI NAHDA SABIRA
Perorangan
Osa Omar Sharif
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini