PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TELKOM)

FARIZ FATHURRAHMAN

Informasi Dasar

22.04.3635
380.06
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berhasil menorehkan berbagai prestasi, dimana salah satu capaian tertinggi yaitu sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik tahun 2022. Tentunya, berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh Universitas Telkom tidak terlepas dari gaya kepemimpinan dalam mengelola dan memotivasi karyawan Universitas Telkom. Penelitian ini berfokus untuk meneliti terkait gaya kepemimpinan yang digunakan di Universitas Telkom, salah satunya melalui gaya kepemimpinan situasional. Pengukuran difokuskan secara khusus pada gaya kepemimpinan situasional, dengan mempertimbangkan bahwa beberapa dari prestasi tersebut dicapai pada kondisi pandemi, dimana gaya kepemimpinan dituntut untuk lebih adaptif.

Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran terhadap pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja karyawan Universitas Telkom dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan karyawan Universitas Telkom.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan instruksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0,984, gaya kepemimpinan konsultasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0,220, gaya kepemimpinan partisipasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0,756 dan hanya gaya kepemimpinan delegasi yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 3,511.

Dan juga menunjukkan seberapa besar pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan situasional terhadap karyawan Universitas Telkom dengan nilai 13,148.

 

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan situasional, kinerja karyawan

Subjek

ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Organizational behavior-interpersonal relations,

Katalog

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARIZ FATHURRAHMAN
Perorangan
Anisah Firli
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2I4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK
  • EBI2E3 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini