PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG)

YUGA RAIHAN SYACHREZA

Informasi Dasar

22.04.3637
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan teknologi dan informasi dewasa ini sangat berdampak pada semua aspek kehidupan. Perkembangan yang pesat dalam teknologi dan informasi berbasis internet membuat cara hidup manusia berubah begitu pula dengan kegiatan ekonomi. Pada perkembangan teknologi dan informasi saat ini digunakan manusia untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya seperti kegiatan ekonomi secara online. Terlebih lagi dengan adanya kondisi pandemi saat ini masyarakat mengubah cara berbelanja mereka dari offline menjadi online dengan menggunakan berbagai platform e-commerce yang tersedia. Pada aplikasi e-commerce seperti Shopee, terdapat fitur  yang disediakan oleh pengembang marketplace untuk membantu memberikan informasi tambahan kepada calon pembeli yaitu customer review dan customer rating.

Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi proses pembelajaran di Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI), Universitas Telkom. Aspek - aspek yang diteliti tidak lain adalah untuk mengetahui pengaruh online customer review dan rating (X1), terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk fashion dalam aplikasi e-commerce Shopee dengan studi kasus pada mahasiswa aktif Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 385 responden dengan metode sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan menggunakan jenis purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner melalui Google Form dan dibantu dengan skala likert.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan unit analisis individu pengguna aplikasi e-commerce Shopee pada kalangan mahasiswa aktif Kota Bandung. Kemudian data diolah menggunakan software SPSS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Kata Kunci : Customer Review, Customer Rating, Keputusan Pembelian

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
ONLINE MARKETING,

Katalog

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUGA RAIHAN SYACHREZA
Perorangan
INDIRA RACHMAWATI, TARANDHIKA TANTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini