PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA INDIHOME DI BANDUNG)

GHIFARI ZAIN MUZHOFFAR

Informasi Dasar

22.04.3649
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet sudah menjadi kebutuhan primer pada saat ini. Banyak hal yang dilakukan oleh manusia membutuhkan akses internet, sehingga menjadikan internet hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Setiap tahunnya pengguna Internet di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Meningkatnya pengguna internet menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi penyedia layanan internet di Indonesia, khususnya penyedia layanan internet fiber.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible yang akan mempengaruhi loyalitas pelanggan Indihome di Bandung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tujuan konklusif, pendekatan deduktif, dan tipe penyelidikan kausal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode SEM (Structured Equation Modelling) dengan bantuan aplikasi SmartPLS untuk menguji data dari 322 responden yang didapat. Data didapat dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial kepada pengguna Indihome di Bandung.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Reliability, Empathy, dan Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan Responsiveness dan Assurance berpengaruh negatif dan tidak signifikan.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi para penyedia layanan internet rumah di luar sana agar meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, khususnya meningkatkan perhatian kepada pelanggan dan memberikan solusi yang meyakinkan atas keluhan pelanggan sehingga pelanggan dapat yakin atas solusi tersebut. Kata Kunci: reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible, loyalitas pelanggan, SEM.

Subjek

CUSTOMER LOYALTY
LOYALTY-MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA INDIHOME DI BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHIFARI ZAIN MUZHOFFAR
Perorangan
Indira Rachmawati, Tarandhika Tantra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini