PENGARUH E-TRUST, E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI KOTA BANDUNG

MUHAMMAD LUTHFI AL FAROBI

Informasi Dasar

22.04.3650
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada sektor bisnis online e-commerce diindikasikan terjadi kontradiksi bahwa meskipun kualitas layanan masih banyak keluhan namun tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh e-trust dan e-service quality secara langsung maupun melalui e-customer satisfaction sebagai variabel Intervening pada aplikasi Tokopedia. Sejumlah 259 responden yang telah menggunakan aplikasi Tokopedia diambil sebagai sampel dengan metode non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Responden diminta untuk memberikan persepsinya dalam lima skala ordinal terhadap 16 butir pernyataan.

Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, kecocokan model diuji dengan sekumpulan kriteria goodness of fit. Lima hipotesis yang saling terkait membentuk sebuah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) diuji signifikansinya dengan uji T dan kemudian diukur kekuatan pengaruhnya. Seluruh perhitungan untuk pengujian dilakukan dengan software LISREL 8.8.

Penelitian ini merekomendasikan cara efektif untuk meningkatkan loyalitas pada industri e-commerce dan menguatkan research tentang e-loyalty yang bersumber dari e-trust, e-service quality dan e-customer satisfaction. Hasil penelitian menyatakan e-service quality memiliki pengaruh paling tinggi terhadap e-loyalty dikarenakan e-service quality yang telah dibangun oleh Tokopedia sudah berjalan cukup baik.

Kata Kunci: E-Commerce, E-Customer Satisfaction, E-Loyalty, E-Service Quality, E-Trust

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH E-TRUST, E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD LUTHFI AL FAROBI
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini