ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS NXG INDONESIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM EDUKASI LITERASI DIGITAL KEPADA MASYARAKAT

RAFI AKMALRAZAK

Informasi Dasar

133 kali
22.04.3669
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat arus digitalisasi semakin masif. Adanya digitalisasi, memunculkan juga hal negatif seperti, hoaks, cyberbullying, hate speech dll. Hal-hal negatif tersebut bisa diatasi dengan literasi digital. Literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola dan menyikapi arus digitalisasi dengan bijak. Maka literasi digital dipandang perlu untuk terus disebarkan guna menekan dampak negatif dari digitalisasi. Penelitian ini membahas mengenai NGO bernama NXG Indonesia dalam upayanya menyebarkan dan mengedukasi masyarakat terhadap literasi digital dalam tinjauan kehumasan. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagiamana humas NXG Indonesia menggunakan strategi komunikasi humas dalam upaya memberikan  pengetahuan masyarakat terhadap literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan paradigma post-positivisme. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa humas NXG Indonesia menggunakan strategi komunikasi humas dengan empat tahap yaitu, “menentukan masalah” dengan mencari keresahan-keresahan masyarakat mengenai literasi digital melalui data-data yang didapat. Selanjutnya dengan “menyusun program” dengan menjadikan data-data atau keresahan tersebut sebagai dasar dalam membuat program, kemudian “melakukan tindakan” dengan mengimplementasikan program yang telah disusun sebelumnya dan berkolaborasi dengan pihak lain dalam programnya. Yang terakhir “evaluasi program” dengan cara monev atau monitoring evaluasi humas NXG Indonesia melakukan proses evaluasi sebuah program

Subjek

PUBLIC RELATIONS-STRATEGY
DIGITAL LITERACY,

Katalog

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS NXG INDONESIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM EDUKASI LITERASI DIGITAL KEPADA MASYARAKAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFI AKMALRAZAK
Perorangan
Intan Primasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Relationship
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PRH3K4 - KAMPANYE HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PUBLISITAS
  • KHI1A2 - LITERASI MEDIA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini