PENGARUH PERCEIVED CREDIBILITY, TRUST, PERCEIVED EXPERTISE, DAN PERCEIVED CONGRUENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN ATTITUDE TOWARD THE INFLUENCER SEBAGAI MEDIATOR (STUDI ENDORSEMENT TIARA PANGESTIKA PADA PRODUK CAMANI BASIC TAHUN 2022)

AKHMAD FAIZAL AL FANDY

Informasi Dasar

22.04.3675
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 

 

            Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi membuat masyarakat dapat mengakses segala hal tanpa batasan waktu dan tempat. Hal ini mempengaruhi ekonomi pasar dimana perdagangan pun semakin bebas yang membuat persaingan bisnis semakin ketat. Pemasar dituntut agar terus berinovasi dan kreatif. Pada saat ini media sosial merupakan salah satu alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja. Salah tau cara promosi melalui media sosial adalah endorsement. Dan salah satu yang mempengaruhi faktor minat beli saat ini adalah pendapat seorang influencer terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh perceived credibility, trust, perceived expertise dan perceived congruence seorang influencer terhadap purchase intention dengan attitude toward the influencer sebagai variabel mediator pada produk perusahaan camani basic.

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan kausal. Tekhnik penentuan sample dalam penelitian ini adalah non proability sampling dan metode yang digunakan adalah sampling purposive dengan rumus bernoulli kepada sebanyak 100 responden followers media sosial Tiara Pangestika. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dengan skala ordinal dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Squares Strucutral Equation Modeling (PLS-SEM).

            Berdasarkan hasil analisi data, diperoleh kesimpulan bahwa perceived credibility, trust, perceived expertise memiliki pengaruh positif signifikan terhadap attitude toward the influencer, dan perceived congruence tidak memiliki pengaruh terhadap attitude toward the influencer. Lalu attitude toward the influencer tidak memiliki pengaruh sebagai variabel mediator antara perceived credibility, trust, perceived expertise dan perceived congruence terhadap purchase intention.

            Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah perusahaan diharapkan untuk fokus pada pemasaran media sosial perusahaan serta lebih aktif untuk mengunggah produk mereka di media sosial dan website. Serta menambahkan variasi berupa produk pakaian pria untuk memberikan pilihan bagi masing-masing karakteristik.

 

 

Kata Kunci: Perceived Credibility, Trust, Perceived Expertise, Perceived Congruence, Attitude Toward the Influencer, Purchase Intention

Subjek

ADVERTISING-MARKETING STRATEGY
MARKETING,

Katalog

PENGARUH PERCEIVED CREDIBILITY, TRUST, PERCEIVED EXPERTISE, DAN PERCEIVED CONGRUENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN ATTITUDE TOWARD THE INFLUENCER SEBAGAI MEDIATOR (STUDI ENDORSEMENT TIARA PANGESTIKA PADA PRODUK CAMANI BASIC TAHUN 2022)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHMAD FAIZAL AL FANDY
Perorangan
Citra Kusuma Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KBI1H3 - PEMASARAN
  • KBI2L3 - PERILAKU KONSUMEN
  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini