PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TWITTER OLEH KOLEKTOR PHOTOCARD K-POP (Analisis Uses and Gratification pada Followers akun @lapakdeobi)

SEKAR NINGRUM ADRIANI

Informasi Dasar

22.04.3686
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial Twitter kini tidak lagi digunakan penggunanya untuk sekedar bertukar informasi dan komunikasi. Seperti yang dilakukan oleh kolektor photocard K-Pop yang memanfaatkan media sosial Twitter sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan aktivitasnya dalam mengoleksi photocard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gratification sought dan gratification obtained serta kesenjangan antara gratification sought dan gratification obtained pada pengikut akun Twitter @lapakdeobi dalam pemanfaatan media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification menurut pandangan Papacharissi & Rubin (2000). Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kolektor photocard K-Pop yang merupakan pengikut dari akun Twitter @lapakdeobi dengan sampel sebanyak 400 responden yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini motif (GS) tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,69. Sedangkan motif terendah (GS) terdapat pada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,55. Kepuasan (GO) tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,70. Sedangkan kepuasan (GO) terendah terdapat pada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,69. Nilai selisih motif (GS) dan kepuasan (GO) secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan selisih motif tertinggi seeking information dan pass time dengan nilai skor rata-rata 0,01. Sedangkan untuk selisih motif terendah terdapat pada motif entertainment dengan nilai skor rata-rata 0,19.

 

Kata Kunci: Uses and Gratification, Gratification Sought, Gratification Obtained, Twitter, Photocard, K-Pop

Subjek

NEW MEDIA
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TWITTER OLEH KOLEKTOR PHOTOCARD K-POP (Analisis Uses and Gratification pada Followers akun @lapakdeobi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEKAR NINGRUM ADRIANI
Perorangan
Mohamad Syahriar Sugand
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini