Media sosial Twitter kini tidak lagi digunakan penggunanya untuk sekedar bertukar informasi dan komunikasi. Seperti yang dilakukan oleh kolektor photocard K-Pop yang memanfaatkan media sosial Twitter sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan aktivitasnya dalam mengoleksi photocard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gratification sought dan gratification obtained serta kesenjangan antara gratification sought dan gratification obtained pada pengikut akun Twitter @lapakdeobi dalam pemanfaatan media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification menurut pandangan Papacharissi & Rubin (2000). Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kolektor photocard K-Pop yang merupakan pengikut dari akun Twitter @lapakdeobi dengan sampel sebanyak 400 responden yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini motif (GS) tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,69. Sedangkan motif terendah (GS) terdapat pada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,55. Kepuasan (GO) tertinggi adalah motif seeking information nilai skor rata-rata 3,70. Sedangkan kepuasan (GO) terendah terdapat pada motif interpersonal utility dengan nilai skor rata-rata 2,69. Nilai selisih motif (GS) dan kepuasan (GO) secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan selisih motif tertinggi seeking information dan pass time dengan nilai skor rata-rata 0,01. Sedangkan untuk selisih motif terendah terdapat pada motif entertainment dengan nilai skor rata-rata 0,19.
Kata Kunci: Uses and Gratification, Gratification Sought, Gratification Obtained, Twitter, Photocard, K-Pop