Perkembangan bisnis di Indonesia pada tahun 2020 sangatkan berkembang. Salah satu sektor
bisnis yang mengalami peningkatan yang signifikan adalah e-commerce. Berkembangnya
sebuah bisnis e-commerce tentunya tidak akan bisa jika tidak ada penggunanya yang selalu
berbelanja di platform yang di sediakan. Dari beberapa perusahaan yang berstatus unicorn di
Indonesia, terdapat beberapa e-commerce. Salah satunya Blibli.com yang menerapkan konsep
online shopping mall atau menjual semua jenis produk untuk memenuhi kebutuhan sehari hari
dan gaya hidup. Tentunya di balik kesuksesan Blibli, terdapat orang orang hebat di dalamnya,
seperti karyawannya yang tentunya bekerja keras untuk menggapai cita cita perusahaan, serta
menerapkan value dari Blibli.com yaitu RESPECT. Blibli ingin nilai tersebut dapat di
implementasikan dalam situasi atau platform apapun, terutama seluruh karyawan yang bekerja
di dalamnya baik senior ataupun baru. Karywan baru juga menjadi salah satu sasaran yang
perlu mengetahui nilai RESPECT tersebut. Salah satu caranya dengan cara mensosialisasikan
pada saat orientasi perusahaan. Selain mensosialisakan melalui orientasi, pemberian welcome
kit juga menjadi hal tahapan penting yang perlu di dapatkan oleh karyawan baru. Tetapi
welcome kit yang sudah ada atau yang terkahir di berikan kepada karyawan Blibli, belum
maksimal dalam mengimplementasikan nilai RESPECT pada welcome kit. Sedangkan Blibli
berharap nilai tersebut dapat di implementasikan pada berbagai platform salah satunya
welcome kit. Maka dari itu peneliti melihat adanya potensi perancangan welcome kit untuk
karyawan Blibli.com. Perancangan ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara
wawancara dan pengumpulan data eksisting yang di dapat langsung dari Blibli.com.
Perancangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan karyawan baik secara visual dan
keperluan.
Kata Kunci: Blibli, Nilai Perusahaan, RESPECT, Welcome Kit.