ABSTRAK
Kelas sosial merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan oleh kreator iklan untuk bisa menciptakan iklan sehingga dapat diterima oleh masyarakat terutama pada target kelas sosial yang dituju.Peneliti mengamati adanya kelas sosial tertentu yang direpresentasikan dalam iklan XL-KU versi “Marah” tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske yaitu “the codes of television”. Iklan XL-KU versi “Marah” diuraikan secara sintagmatik pada level realitas dan level representasi dengan menggunakan struktur narasi. Selanjutnya level ideologi dianalisis secara paradigmatik.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa representasi kelas sosial pada iklan XL-KU versi “Marah” menggambarkan tentang kehidupan dan aktivitas serta ekspresi keakraban merupakan sesuatu yang dimiliki oleh kalangan status sosial maupun termasuk kelas sosial menengah sampai menengah ke bawah.
Kata Kunci : Kelas Sosial, Semiotik, Kode – Kode Televisi, Representasi, Iklan XL-KU