PENGARUH TAYANGAN DRAMA KOREA DI INDOSIAR TERHADAP MINAT SISWA MEMPELAJARI BUDAYA KOREA DI KALANGAN KOMUNITAS NIKOLAS(Studi di SMA Negeri 15 Bandung)

TITISARI AYU PUTRI

Informasi Dasar

14.04.025
302.230 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indosiar merupakan stasiun televisi yang mempunyai ciri khas yaitu selalu menayangkan drama asia Korea, saat ini populernya K-drama di Indosiar membuat rasa ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea meningkat. Korea pada tahun 2002, banyak digemari dan diterapkan oleh remaja. Para remaja cenderung ingin selalu mengikuti perkembangan mode yang sedang popular agar tampil modis. Hal ini dilakukan karena para remaja ingin seperti apa yang ditampilkan oleh tokoh yang dilihatnya, yaitu berupa pakaian yang dikenakan oleh seorang model, serta aksesoris-aksesoris lainnya yang dapat memperbaiki penampilan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh tayangan drama Korea di televisi Indosiar terhadap minat mempelajari budaya Korea. Peneliti menggunakan Teori Pembelajaran Sosial dari Bandura. Responden pada penelitian ini berasal dari kalangan remaja di Kota Bandung. Sampel yang diambil adalah Komunitas NIKOLAS (Komunitas Korea Lima Belas) di SMA Negeri 15 Bandung sebanyak 57 orang. Berdasarkan analisis data penelitian dengan melakukan uji korelasi, didapat nilai korelasi antara variabel X dengan variabel Y nilainya 0.585 berada diantara > 0.40-0.599. Hal ini berarti nilai korelasi antara variabel X dan Y sedang. Sedangkan hasil nilai uji regresi diperoleh informasi bahwa pengaruh program tayangan drama Korea di Indosiar terhadap minat mempelajari budaya Korea di komunitas NIKOLAS sebesar 34,2%.

Kata kunci : Pop korea , Drama korea, Budaya korea

Subjek

MASS MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

PENGARUH TAYANGAN DRAMA KOREA DI INDOSIAR TERHADAP MINAT SISWA MEMPELAJARI BUDAYA KOREA DI KALANGAN KOMUNITAS NIKOLAS(Studi di SMA Negeri 15 Bandung)
 
152p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITISARI AYU PUTRI
Perorangan
Hadi Purnama
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini