Nilai perusahaan dibentuk melalui indikator nilai pasar saham, yang dipengaruhi oleh peluang-peluang investasi. Nilai perusahaan membuat investor dan kreditur semakin selektif dalam berinvestasi maupun memberikan kredit kepada perusahaan. Dimana semakin tinggi nilai perusahaan maka semakin tinggi tingkat pengembalian kepada investor.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas dan opini audit terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 193 perusahaan dengan periode 3 tahun. Data yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 perusahaan yang di observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel.
Hasil penelitian ini menunjukkan Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Opini Audit secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, profitabilitas dan opini audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan variabel-variabel independen yang dapat menjelaskan pengaruh lebih besar. Bagi investor diharapkan penelitian ini bisa menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Bagi perusahaan disarankan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan melihat pengaruh-pengaruh variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan.