Analisis Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction dan E-loyalty Pelanggan Aplikasi itemku

ANUGRAH KURNIAWAN

Informasi Dasar

120 kali
23.04.057
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-service quality sangat penting dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce, sehingga dapat berdampak pada e-satisfaction dan e-loyalty pelanggan, masih dapat kekurangan dan keluhan dari pelanggan pengguna sebuah aplikasi berbelanja online. Objek dari penelitian ini adalah aplikasi belanja online yang menggunakan sistem C2C (customer to customer) yaitu itemku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dan e-loyalty pelanggan pengguna aplikasi itemku.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan cara dengan menyebarkan kuesioner berupa pernyataan yang melibatkan seluruh pelanggan aplikasi itemku. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 400 responden dan teknik analisis data menggunakan SEM-PLS menggunakan WarpPLS 7.0 dan uji normalitas menggunakan SPSS.

Berdasarkan teknik analisis data yang telah dilakukan menggunakan WarpPLS, didapatkan hasil penelitian ini yang menunjukan bahwa e-service quality memberikan dampak positif dan signifikan terhadap e-satisfaction pelanggan aplikasi itemku, e-service quality memberikan dampak positif dan signifikan terhadap e-loyalty pelanggan aplikasi itemku, e-satisfaction memberikan dampak positif dan signifikan terhadap e-loyalty pelanggan aplikasi itemku, dan e-satisfaction mampu memediasi/intervening secara penuh pengaruh e-service quality terhadap e- loyalty pelanggan aplikasi itemku. Untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan model penelitian yang sama pada aplikasi atau ecommerce lainnya, agar dapat mengetahui perbedaannya dan melakukan analisis baru dengan metode yang sama.

Kata Kunci: e-service quality, e-satisfaction, e-loyalty

 

Subjek

E-COMMERCE
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

Analisis Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction dan E-loyalty Pelanggan Aplikasi itemku
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANUGRAH KURNIAWAN
Perorangan
Nurvita Trianasari,Tarandhika Tantra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini