PENGARUH FACEBOOK, TWITTER DAN BLOG TERHADAP PARTISIPASI GERAKAN SOSIAL DI PERHIMPUNAN MAHASISWA BANDUNG

INTAN SITI MUSLICHA

Informasi Dasar

14.04.043
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perhimpunan Mahasiswa Bandung merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Bandung yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Blog sebagai media untuk mengupayakan partisipasi gerakan sosial di kalangan pemuda dan mahasiswa di Bandung.

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Facebook, Twitter dan Blog Terhadap Partisipasi Gerakan Sosial di Perhimpunan Mahasiswa Bandung” dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap partisipasi gerakan sosial. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi pembangunan, media baru, media sosial dan gerakan sosial.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Populasi penelitian adalah anggota Perhimpunan Mahasiswa Bandung dengan jumlah responden 107 orang. Untuk menentukan jumlah sampel, maka digunakan metode probability sampling dengan total sampling.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Facebook, Twitter dan Blog terhadap Partisipasi Gerakan Sosial sebesar 19,8% dengan koefisien persamaan regresi Y = 13.995 + 0.114X1+ 0.044X2 + 0.071X bernilai positif. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi penggunaan Facebook, Twitter dan Blog maka semakin tinggi pula partisipasi gerakan sosial di Perhimpunan Mahasiswa Bandung.

Kata kunci: Komunikasi Pembangunan, Media Baru, Media Sosial, Gerakan Sosial

Subjek

SOCIAL MEDIA
EFFECT OF MASS MEDIA

Katalog

PENGARUH FACEBOOK, TWITTER DAN BLOG TERHADAP PARTISIPASI GERAKAN SOSIAL DI PERHIMPUNAN MAHASISWA BANDUNG
 
xi, 82p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INTAN SITI MUSLICHA
Perorangan
Ira Dwi Mayang Sari; Iis Kurnia Nurhayati
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini