Perbedaan Partisipasi Online terhadap Kepuasan yang Dicapai (Gratification Obatined) oleh Followers dari Akun Twitter @infobdg (Studi Komparatif antara Followers Aktif dan Followers Pasif terhadap Kepuasan yang Dicapai dari Akun Twitter @infobdg)

RIANTI REDIANDARY

Informasi Dasar

14.04.055
302.231
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

@infobdg adalah salah satu akun media sosial Twitter penyebar informasi seputar Bandung yang banyak diikuti oleh para pengguna Twitter. Masing-masing followers melakukan partisipasi secara online sesuai dengan kepuasan yang ingin dicapainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan partisipasi online oleh followers aktif dan followers pasif dari akun Twitter @infobdg terhadap kepuasan yang dicapai (gratification obtained) oleh followers akun Twitter @infobdg. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner pada 273 responden penelitian dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji beda dua sampel independen Mann-Whitney karena distribusi data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi online oleh followers aktif dan followers pasif dari akun Twitter @infobdg yang berpengaruh terhadap perbedaan kepuasan yang dicapai dalam berbagi informasi (Y1), interaksi sosial (Y3), berbagi masalah (Y4), dan berekspresi (Y5). Sedangkan untuk kepuasan yang dicapai dalam pencarian informasi (Y2), hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada followers aktif dan followers pasif dari akun Twitter @infobdg dilihat dari perbedaan partisipasi online-nya. Kata kunci: partisipasi online, kepuasan yang dicapai, Twitter, @infobdg

Subjek

SOCIAL MEDIA
 

Katalog

Perbedaan Partisipasi Online terhadap Kepuasan yang Dicapai (Gratification Obatined) oleh Followers dari Akun Twitter @infobdg (Studi Komparatif antara Followers Aktif dan Followers Pasif terhadap Kepuasan yang Dicapai dari Akun Twitter @infobdg)
 
x, 180p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIANTI REDIANDARY
Perorangan
S Kunto Adi Wibowo
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini