Pengaruh Opinion Shopping, Solvabilitas, dan Strategi Bisnis Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020)

BUNGA YOHANNA EKLESIA PASARIBU

Informasi Dasar

94 kali
23.04.275
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opini audit going concern adalah salah satu opini yang dikeluarkan oleh auditor terhadap perusahaan yang dinyatakan tidak mampu mempertahankan kegiatan usahanya dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan akan berusaha melakukan segala cara terbaik untuk mempertahankan kelangsungan usahanya agar tetap beroperasi dengan baik sebagaimana yang diharapkan karena kelangsungan usaha adalah suatu bentuk dari keadaan bisnis perusahaan yang di mana akan beperharuh terhadap pihak-pihak yang bersangkutan terutama investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh opinion shopping, solvabilitas, dan strategi bisnis terhadap opini audit going concern baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor transportasi tahun 2016-2020 yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder didapatkan melalui laporan tahunan perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 23 perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun sehingga diperoleh 115 total sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan software SPSS versi 26 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa opinion shopping, solvabilitas, dan strategi bisnis secara simultan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Kemudian secara parsial opinion shopping dan strategi bisnis berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern sedangkan solvabilitas tidak terhadap opini audit going concern. Saran untuk auditor sebaiknya harus selalu mempertimbangkan variabel opinion shopping dan strategi bisnis berpengaruh sehingga diharapkan agar auditor dapat mempertimbangkan opinion shopping dan strategi bisnis yang diukur menggunakan TATO sebagai faktor untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Bagi perusahaan, solvabilitas dan strategi bisnis sebagai informasi dan evaluasi perusahaan yang dapat mempengaruhi opini audit yang diberikan oleh auditor. Bagi investor sebaiknya harus memperhatikan opini audit yang didapatkan perusahaan di tahun sebelumnya agar mempunyai gambaran tentang kondisi perusahaan dan tidak salah untuk mengambil keputusan berinvestasi.

Subjek

Auditing
 

Katalog

Pengaruh Opinion Shopping, Solvabilitas, dan Strategi Bisnis Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUNGA YOHANNA EKLESIA PASARIBU
Perorangan
ANNISA NURBAITI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EAI213 - AUDITING 1

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini