PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND PASSION TERHADAP MINAT BELI PRODUK VANS DI INDONESIA

PANJI ADDAKHIL BANGSA

Informasi Dasar

209 kali
23.04.378
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berjalannya waktu, fungsi sepatu terus berubah. Tidak hanya sepatu wanita, sepatu pria juga terus berkembang dari warna, desain hingga fungsi. Sepatu yang dulunya hanya sekedar sepatu kini menjadi ikon fashion. Sneakers semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sneaker yang awalnya untuk sepatu olahraga, khususnya basket, kini bergeser ke sepatu serba guna yang bisa digunakan di berbagai situasi. Vans menjadi salah satu produsen sepatu yang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pelaku bisnis perlu melakukan inovasi dalam memasarkan produknya, contoh inovasi marketing bisnis dalam evolusi teknologi dapat dilihat pada perubahan taktik marketing melalui social media. Vans memanfaatkan social media untuk melakukan aktivitas promosi mereka. Meski begitu, Vans masih menduduki posisi ke Sembilan sebagai brand sneakers yang diminati di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas social media yang dibuat oleh Vans dan juga aktivitas pengguna social media yang membuat konten mengenai produk merek Vans mempengaruhi minat beli masyarakat melalui brand passion.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms, diurutkan menggunakan skala likert 5 poin. Penelitian ini bersifat deskriptif, sumber data yang diperoleh adalah data primer dari survei orang-orang yang melihat konten social media Vans yang diciptakan perusahaan maupun pengguna social media. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan structural equation model (SEM) pada software AMOS.

Analisis penelitian menunjukkan bahwa firm created content berpengaruh positif secara signifikan memengaruhi cara pengguna social media membuat konten di social media mengenai produk merek Vans, dan firm created content memengaruhi brand passion responden meski tidak signifikan. User generated content memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap brand passion dan brand passion memiliki dampak signifikan pada minat beli. Saya berharap hasil penelitian saya dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dengan variabel yang sama, dan bagi perusahaan yang dapat memberikan manfaat seperti social media marketing, brand passion dan minat beli.

Subjek

SOCIAL MEDIA-MARKETING
 

Katalog

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND PASSION TERHADAP MINAT BELI PRODUK VANS DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PANJI ADDAKHIL BANGSA
Perorangan
Maria Apsari Sugiat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini