PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DAN LINGKUNGAN METODE DESAIN THINKING STUDI KASUS: STARTUP AQUATEAM

RISKA SINTIA DEWI

Informasi Dasar

64 kali
23.04.455
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banjir yang terjadi di sekitar daerah di Indonesia yang rentan terhadap banjir, salah satunya yaitu Kabupaten Bandung. Kondisi yang dipengaruhi oleh keberadaan Sungai Citarum dan pengaruh pengelolaan pembangunan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Maka dari itu dari kondisi tersebut dibutuhkan suatu tindakan penyelamatan bumi seperti penghijauan ataupun go green.

Pada hasil survey dan wawancara ke masyarakat sekitar Baleendah Permai, penumpukan sampah terjadi karena faktor terbesar dari banjir yang terjadi. Karena kebiasaan masyarakat juga yang membuang sampah langsung ke sungai, jadi saat musim hujan tiba sungai tidak bisa mengalir dengan baik, akan tersumbat dengan sampah yang menggunung. Dari permasalahan yang didapatkan, kurangnya tempat pengelolaan sampah, proses, tidak mengetahui informasi program, tempat pengelolaan sampah dan tidak adanya rasa peduli dari masayarakat. Maka itu perlu dibuatkan aplikasi WHY-ME berbasis Android untuk menangani suatu masalah. Pada aplikasi Android yang akan digunakan juga, dibutuhkan sebuah User Interface dan User Experience. Dalam perancangannya ada metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada, yaitu dengan menggunakan metode Desain Thinking. Pengujian yang dilakukan dengan usability testing dengan maze design dengan hasil masyarakat 82,21% dan pengelola 85,1% dapat menyelesaikan misinya dengan baik dan dengan pengujian system usability scale (SUS) hasilnya masyarakat 81, pengelola 81 dan startup 83 bagus untuk hasil pengukuran presepsi kegunaan yang sudah dilakukan.

Kata Kunci: Banjir, Sampah, Go Green, Android, User Interface, User Experience, Design Thinking, WHY-ME, Usability Tetsing, SUS

Subjek

USER INTERFACES
computer pr

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DAN LINGKUNGAN METODE DESAIN THINKING STUDI KASUS: STARTUP AQUATEAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKA SINTIA DEWI
Perorangan
Rahmat Fauzi, Novendri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ISI2E2 - DESAIN PENGALAMAN PENGGUNA
  • ISI2B3 - PEMODELAN PROSES BISNIS
  • ISI4N3 - PENGEMBANGAN APLIKASI BERGERAK
  • ISI2H3 - PERANCANGAN INTERAKSI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini