SMK Telkom Malang merupakan sekolah menengah kejuruan di bidang Teknologi dan Informatika yang menerapkan kemajuan dan perkembangan teknologi dalam sistem pembelajaran jarak jauhnya. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang didukung oleh teknologi komputer dan internet, yang berisi konten pembelajaran. Perilaku belajar siswa pada pembelajaran machine learning atau E-Learning ini memiliki keterkaitan yang kuat dalam penggunaannya. Semakin berkualitas penerapan pembelajaran di machine learning atau E-Learning ini, maka semakin tinggi pula pencapaian dalam mendapatkan data-data perilaku belajar siswa dalam penggunaan e-learning yang tercatat dalam event log. Penelitian ini menggunakan tools Disco dan ProM dengan menerapkan algoritma Heuristic Miner. Heuristic Miner digunakan karena paling cocok untuk menangani process mining pada event log dari Learning Management System dikarenakan heuristic miner dapat mengekspresikan event log dengan baik dan mengungkapkan kejadian utama yang terekam dalam event log serta mampu menangani data yang memiliki noise. Penggunaan Petri Net pada ProM tools membantu dalam menganalisis model proses untuk memberikan gambaran perilaku belajar siswa terhadap penggunaan e-learning yang aktual. Hasil dari heuristic miner dapat memodelkan event log ke dalam model proses dengan baik, dilihat dari nilai rerata fitness dari mata pelajaran jurusan RPL menunjukkan nilai 0.970. Sedangkan, nilai rerata fitness mata pelajaran jurusan TKJ menunjukkan nilai 0.901. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengidentifikasi perilaku belajar siswa terhadap pembelajaran E-Learning pada masa pandemi yang berdampak signifikan terhadap sistem pembelajaran siswa siswi.
Kata kunci: Process Mining, Disco tools, ProM tools, E-Learning, Event Log