Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan Sariayu Martha Tilaar di Televisi terhadap minat beli konsumen di Jakarta. Variabel bebas yang diteliti adalah iklan televisi (Sariayu Martha Tilaar), sedangkan variabel terikat yang diteliti adalah minat beli konsumen di Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini memfokuskan pada pengungkapan hubungan kausal antar variabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang berusia 20-50 tahun yang terletak di kota Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan pendekatan convenience sampling dengan jumlah sampel sebesar 400 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, nilai dari b = 0.764 dimana bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari iklan televisi terhadap minat beli konsumen. Dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 21.385 dan ttabel sebesar 1.65, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklan televisi terhadap minat beli konsumen. Hasil dari analisis korelasi rxy = 0,731, artinya terdapat hubungan yang kuat antara iklan televisi terhadap minat beli konsumen. Semakin baik kualitas iklan, semakin baik pula minat beli konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara iklan televisi terhadap minat beli konsumen.
Kata kunci : Iklan, Iklan Televisi, Minat Beli Konsumen