Perbankan adalah lembaga jasa yang memprioritaskan kepercayaan pelanggan sehingga kepuasan pelangganlah yang krusial. Maka dari itu penting bagi perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaannya karena dapat menjadi pandangan pihak investor terhadap keberhasilan sebuah perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kepemilikan manajerial dan nilai perusahaan, menganalisis kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan berdasarkan perusahaan yang membagikan dividen, menganalisis kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan berdasarkan perusahaan yang tidak membagikan dividen serta melihat perbedaan yang dihasilkan dari perusahaan yang membagikan dividen dan yang tidak membagikan dividen di sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020.
Penelitian ini menggunakan data perusahaan sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 dengan jumlah populasi sebanyak 47 perusahaan dan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sehingga ditetapkan 15 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data menggunakan regresi data panel.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan berdasarkan perusahaan yang membagikan dividen, kepemilikan manjerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan berdasarkan perusahaan yang tidak membagikan dividen serta tidak terdapat perbedaan yang dihasilkan dari perusahaan yang membagikan dividen dan yang tidak membagikan dividen di sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020.
Dari hasil pada penelitian ini disarankan untuk perusahaan mampu memaksimalkan nilai kepemilikan manajerial di dalam perusahaan dan untuk peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk menguji variabel dan dapat menambah variabel lain yang belum digunakan dan periode lain diluar penelitian ini.