PENGARUH DIMENSI WEB QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BLIBLI.COM DI INDONESIA

REZA MAULANA ANANTA FIRMANSYAH

Informasi Dasar

77 kali
23.04.822
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya pengguna internet di Indonesia, maka membuat terciptanya suatu peluang usaha baru seperti perbelanjaan dengan metode baru sebagai salah salah satu peluang bisnis untuk zaman sekarang. Saat ini terdapat beberapa orang yang menciptakan suatu situs perbelanjaan online atau yang biasa kita kenal dengan sebutan e-commerce.

Dengan jumlah rata-rata pengunjun (average visit duration) paling kecil dibanding kompetitor , sedangkan pada 2021 Blibli.com masih pada top 5 e-commerce terbaik di Indonesia , tetapi adanya penurunan drastis angka rata-rata lama pengunjung (average visit duration), maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh web quality terhadap kepuasan pengguna Blibli.com.

Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan pengumpulan data primer pengguna e-commerce Blibli.com sebanyak 384 responden dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dengan teknik pengolahan data memakai analisis dekriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan software IBM SPSS versi 26.

Hasil uji deskriptif pada penelitian ini menunjukkan bahwa security, ease of use, information, user interface dan privacy berada dalam kategori “Setuju”. Hasil dari uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel berpengaruh kepada kepuasan penggua pada website Blibli.com di Indonesia dengan nilai persentase sebesar 46,5%.

Pada hasil uji F security, ease of use , information, user interface dan privacy berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna dari website Blibli.com yang ada di Indonesia. Diharapkan Blibli dapat meningkatkan sistem transaksi pembayaran elektronik pada website Blibli.com agar pengguna merasa aman dan juga dapat meningkatkan kepuasan pengguna website Blibli.com.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PENGARUH DIMENSI WEB QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BLIBLI.COM DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA MAULANA ANANTA FIRMANSYAH
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3K4 - ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR BUSINESS
  • EBI4N3 - E-COMMERCE DAN BISNIS INFORMASI
  • EBI4D3 - EKONOMI DIGITAL
  • EBI4L4 - MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI
  • EBI3C3 - PERILAKU KONSUMEN
  • EBH0D3 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini