Perpustakaan perguruan tinggi merupakan unit yang berperan penting pendukung kegiatan pendidikan di lingkungan perguruan tinggi dengan cara melaksanakan fungsi nya. Pada praktiknya penerapan fungsi-fungsi perpustakaan tersebut belum optimal karena perpustakaan belum memperhatikan kondisi ruang perpustakaan yang menjadi sarana dalam melaksanakan fungsi-fungsi perpustakaan tersebut. Menurut Putri & Rahardjo (2019) berpendapat tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa perpustakaan sebagai tempat penyimpan buku yang membosankan. Oleh karena itu, perpustakaan perguruan tinggi seharusnya dapat menghadirkan suasana ruang yang nyaman sekaligus menarik dan meningkatkan fasilitias pada ruang perpustakaan agar sivitas akademika tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan. Dengan pendekatan programatik, perancangan ini akan berfokus untuk menyelesaikan permasalahanpermasalahan terkait proyek perancangan agar terciptanya kesesuaian akan fungsi ruang dan kebutuhan pengguna. Perancangan perpustakaan ini mengusung tema “Capable Learning Space” yang memiliki tujuan untuk menciptakan desain akhir perpustakaan yang dapat mendukung aktivitas pemustaka dan memotivasi sivitas akademika untuk berkunjung ke perpustakaan melalui ketersediaan fasilitas, penataan ruang, dan penciptaan suasana yang nyaman serta menarik.
Kata kunci: Perpustakaan Perguruan Tinggi, Programatik, Aktivitas