Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu pendidikan yang mampu membantu dalam perkembangan anak agar optimal karena memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan berbagai aspek dan potensi anak seperti kognitif, motorik, psikis, fisik, seni, Bahasa, emosional, dan kemandirian anak. yang ditujukan dari anak lahir hingga anak usia enam tahun. Adapun pendidikan usia dini diselenggarakan karena usia prasekolah merupakan masa penting dalam kehidupan anak, yang mana merupakan masa 'keemasan' dalam belajar bagi anak dan juga dalam keadaan yang peka untuk menyerap segala informasi yang ada disekitarnya dan yang diberikan kepadanya. Dengan meningkatnya pengetahuan orang tua mengenai pentingnya tumbuh kembang anak usia dini serta minatnya untuk menempatkan anaknya ke PAUD, maka perlu dirancang sebuah pendidikan anak usia dini berupa taman kanak-kanak dan daycare yang memperhatikan aspek perkembangan anak sebagai pengguna utama serta fasilitas yang edukatif dan rekreatif, yang disesuaikan dengan usianya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa survei ke tempat studi banding yang sesuai dengan perancangan. Analisis yang dilakukan adalah analisis hasil survey lapangan, studi banding dan data standarisasi taman kanak-kanak dan daycare.