PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG KERAJAAN ISLAM DI SUMATERA

TEGUH ADITYA WENDRI

Informasi Dasar

132 kali
23.04.931
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebelum berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Nusantara awalnya merupakan wilayah yang dikuasai ratusan kerajaan, baik itu besar maupun kecil. Di Sumatera, juga terdapat kerajaan-kerajaan dari Hindu sampai Islam. Sumatera juga merupakan salah satu pintu masuknya Islam di Nusantara. Dengan masuknya Islam di Sumatera, terbentuklah kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Sumatera. Di Sumatera terdapat Kesultanan Samudera Pasai, Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Siak Sri Inderapura, Kerajaan Pagaruyung dan Kesultanan Jambi

       Pengetahuan tentang kerajaan-kerajaan masa lampau dapat ditemui di pelajaran sejarah di sekolah. Dalam pembelajaran sejarah, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang antusias dan cepat bosan dengan pelajaran sejarah. Buku pelajaran sejarah juga di dominasi oleh kerajaan yang di tanah Jawa, maka kerajaan yang ada di Sumatera kurang diketahui oleh siswa-siswa. Untuk menarik perhatian siswa-siswa dalam mempelajari sejarah dengan pendekatan yang menyenangkan melalui media game karena memiliki berbagai kelebihan dari segi pendidikan. Metode  peneletian dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka.

       Tujuan dari perancangan ini adalah merancang sebuah education game sebagai media edukasi mengenal dan membantu siswa dalam pelajaran sejarah tentang Kerajaan Islam di Sumatera serta siswa-siswa sekolah dapat mengetahui tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara dan terbentuknya Kerajaan Islam melalui game yang menarik dan menyenangkan.

Kata kunci: Sejarah, Kerajaan Islam, Education Game, Siswa sekolah.

Subjek

GRAPHIC DESIGN
ART

Katalog

PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG KERAJAAN ISLAM DI SUMATERA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TEGUH ADITYA WENDRI
Perorangan
Dimas Krisna Aditya, Ganjar Gumilar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini