Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi digital saat ini pengembangan produk tidak hanya berfokus kepada produk fisik, akan tetapi perlu adanya pengembangan produk digital. Dalam perancangan suatu produk digital yang berbasis aplikasi, desain User Interface dan User Experience sangatlah penting karena itu dapat mempengaruhi kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Pelayanan telepon darurat masyarakat masih harus menghubungi layanan telepon sesuai kebutuhan yang diperlukan, selain itu masyarakat juga harus mencari terlebih dahulu telepon yang akan dituju, Selain itu masih banyaknya panggilan fiktif dan juga mekanisme yang rumit sehingga menyulitkan masyarakat yang membutuhkan layanan telepon darurat. Sehingga pada penelitian ini melakukan perancangan desain aplikasi tanggap darurat yang dapat membantu serta memudahkan masyarakat yang akan mencari dan menghubungi telepon darurat dalam satu aplikasi. Aplikasi tanggap darurat merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu masyarakat dalam tindakan penanganan pada keadaan darurat. Aplikasi ini dapat terhubung ke Instansi seperti kepolisian, pemadam kebakaran, dan juga Ambulance atau unit gawat darurat (rumah sakit) guna mendapatkan pertolongan masyarakat apabila terjadinya keadaan darurat yang membutuhkan instansi terkait. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah akses dan pelayanan masyarakat dalam menghubungi instansi terkait dengan keadaan darurat. Berdasarkan hasil penelitian, perancangan User Interface dan User Experience dengan menggunakan metode Design Thinking didapatkan hasil dari User Interface yang telah diverifikasi menggunakan Heuristic Evaluation, serta hasil dari User Experience dengan Usability Testing menggunakan System Usability Scale (SUS) didapatkan Score Average yaitu 76 dengan Adjective Ratings (Good) dan mendapatkan Grade Scale C serta Acceptability Ranges yaitu Acceptable, yang berarti perancangan User Interface dan User Experience pada aplikasi Tanggap Darurat dapat diterima oleh pengguna.