ABSTRAK
Dengan seiring berkembangnya jaman maka semakin tinggi juga permintaan konsumen akan suatu produk dalam memenuhi kebutuhannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya penurunan penjualan produk T-shirt Artchitect pada bulan Oktober 2012 – Maret 2013. Variabel independen Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2). Variabel dependen adalah keputusan pembelian.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif Sample berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik Sampling Insidental (Convinience). Analisa mengunakan SPSS 20.0 yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi berganda, pengajuan hipotesis melalui uji F dan uji T, serta analisis koefisien determinasi (R²), berikut analisis tersebut diperoleh persamaan regresi:
Y = 0,081+0,648 X1 + 0,218 X2
Kualitas produk menunjukan koefisien determinasi paling besar. Kualitas produk merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian T-shirt Artchitect, dan Harga sebagai faktor penting ke-2 yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Koefisien determinasinya (adjusted R²) sebesar 0,586 atau sebesar 58,6% artinya model koefisien determinasi sudah cukup bagus. Kedua variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan 58,6% dari variabel keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 41,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas produk, harga dan keputusan pembelian konsumen