Analisis Kepuasan Pelanggan atas Kualitas Pelayanan Seven Laundry pada Tahun 2012

ELIZA BR GINTING

Informasi Dasar

172 kali
14.04.102
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banyaknya usaha laundry kiloan yang dapat dijumpai dikawasan Pendidikan Telkom dengan jarak yang begitu dekat antar bisnis laundry kiloan. Untuk dapat bersaing dengan para kompetitor, Seven Laundry harus dapat memberikan sesuatu hal yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya. Adanya keluhan pelanggan dan naik turunnya jumlah pelanggan merupakan salah satu indikator belum tercapainya kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan, kinerja, serta tingkat kepuasan pelanggan dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan Seven Laundry. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kepuasan dan Kualitas Pelayanan oleh Kotler dan Keller, yang menjelaskan Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Kepuasan dapat dipahami dengan meneliti kualitas pelayanan yang diberikan, dengan mengidentifikasi 5 determinan kualitas jasa yaitu Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Indeks Kepuasan Konsumen dan Important Performance Analysis (IPA) . Dari hasil penelitian diketahui bahwa harapan pelanggan atas kualitas pelayanan yang diberikan Seven Laundry dianggap sangat penting karena nilai persentase sebesar 82,90%. Kinerja Seven Laundry dianggap baik oleh pelanggan dengan persentase 77,04%. Berdasarkan analisis tingkat kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,92 yang dalam kategori tidak puas. Pada Important Performance Analysis (IPA) diketahui nilai skor rata-rata kinerja adalah 308,1 dan nilai skor rata-rata harapan adalah 332,2. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelanggan masih belum puas dan terdapat beberapa aspek yang harus diperbaiki yaitu (1)fasilitas, perlu adanya penambahan komputer,mesin kasir dan kursi, (2)kecepatan karyawan, (3)keakuratan tarif, dengan selalu teliti dalam perhitungan biaya, (4)keamanan jasa laundry, melakukan penandaan pada setiap baju agar tidak hilang, (5)kinerja karyawan, perlu adanya supervisor untuk bertugas mengawasi kinerja karyawan. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, SERVQUAL, Important Performance Analysis (IPA)

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
SERVICE QUALITY

Katalog

Analisis Kepuasan Pelanggan atas Kualitas Pelayanan Seven Laundry pada Tahun 2012
 
xiii, 68p.: il.; 30 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELIZA BR GINTING
Perorangan
Citra Kusuma Dewi
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Administrasi Bisnis
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini