Dengan perkembangan masyarakat, pengusaha wanita menjadi lebih menonjol. Kontribusi signifikan mereka dalam perekonomian membuat mereka diakui di tingkat nasional dan internasional. Inisiasi, pertumbuhan dan kesuksesan usaha milik wanita ditentukan oleh faktor pendorong dan penarik motivasi. Faktor motivasi intrinsik (independence, recognition, satisfacation) dan ekstrinsik (earning, security) berperan dalam kesuksesan wirausaha wanita. Penelitian bertujuan melihat pengaruh motivasi terhadap kesuksesan wirausaha wanita pada UKM IWAPI kota Bandung. Metode dipakai peneltian ini yakni kuantitatif. Sampel pada penelitian merupakan anggota IWAPI berada di kota Bandung. Teknik analisis yakni analisis regresi linier berganda serta memakai uji asumsi klasik serta dilakukan pengujian koofisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub variabel independence memiliki pengaruh paling signifikan (?= 0,261) dan juga sebagian besar responden merasa independence mereka terpenuhi (mean=3,78) pula. Hasil penelitian ini berkaitan erat dengan manajemen kinerja untuk memastikan sasaran atau tujuan pengusaha wanita telah dicapai secara konsisten dengan meningkatkan kemandirian anggota IWAPI. Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian yang dilakukan oleh Agarwal dan Agrawal (2018), dimana earning memiliki pengaruh yang paling signifikan sementara dalam penelitian ini disimpulkan independence memiliki pengaruh paling signifikan dalam mencapai kesuksesan anggota IWAPI Kota Bandung.
Kata Kunci: Independence, Recognition, Earning, Security, Satisfaction, Motivasi, Kesuksesan, Wirausaha Wanita