PERANCANGAN WEBSITE UNTUK LAYANAN KESEHATAN PADA KLINIK CITRA SEHAT BANDUNG MENGGUNAKAN LARAVEL

IHSAN FURQANI

Informasi Dasar

23.06.275
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Klinik merupakan institusi pelayanan publik yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan. Saat ini Klinik Citra Sehat Sadang Bandung, dalam pengelolaan administrasi pelayanan pasiennya masih menggunakan cara konvensional dimana dalam mencatat kegiatan operasional sehari-hari seperti pendaftaran pasien, pengelolaan data pasien, pencatatan hasil pemeriksaan (diagnosis) dan terapi (rekam medis) dan lain-lain masih menggunakan cara konvensional (manual) yaitu dengan cara tulis tangan di atas kertas (buku/log book) sehingga arsip berbagai data di klinik akan menumpuk membutuhkan banyak ruang penyimpanan dan dalam pencarian data menjadi tidak praktis.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dalam Proyek Akhir ini dibuat website menggunakan Framework Laravel dan database MySQL dengan menerapkan beberapa konsep MVC dalam teknik pemogramannya serta menggunakan metode pagination. Web tersebut digunakan untuk penyimpanan data pasien (pasien : dokter umum, dokter gigi, dokter anak, dan bidan), tenaga medis (termasuk dokter). Yang dapat diakses oleh pasien itu sendiri, dokter, bidan, serta dapat diubah/tembah/hapus oleh admin melalui akun masing-masing. Disamping akun-akun di atas dibuat pula kiosk pendaftaran dan audio visual nomor antrian pasien yang sedang dilayani yang dibangun oleh komponen : Mini PC, Touch Screen, Mini Printer, dan display TV. Pendaftaran pasien oleh pasien untuk berobat disamping dapat dilakukan dari kiosk (di tempat lokasi klinik) dapat pula dilakukan dari luar klinik melalui ponsel maupun laptop secara online dengan memperoleh nomor antrian.

Dari hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa website telah berfungsi/berkerja sebagaimana mestinya sesuai rencana dengan tingkat keberhasilan 100%. Pada pengujian performansi dilakukan pengukuran delay (rata-rata waktu respon kemunculan halaman web) rata-rata : 1.8 detik. Pada pengujian lighthouse untuk menganalisa website memiliki tingkat nilai yang tinggi dengan performance sebesar 95, accessibility sebesar 82, Best Practices sebesar 92 dan SEO sebesar 80 serta berdasarkan pengujian survei secara kuesioner dengan responden tenaga medis, admin, dokter, dan perwakilan pasien menunjukkan bahwa website dapat berguna dan membantu mempermudah pelayanan dengan angka 90.54 % menyatakan puas.

Subjek

WEB PROGRAMMING
WEBSITE-QUALITY,

Katalog

PERANCANGAN WEBSITE UNTUK LAYANAN KESEHATAN PADA KLINIK CITRA SEHAT BANDUNG MENGGUNAKAN LARAVEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHSAN FURQANI
Perorangan
Asep Mulyana, Hafidudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini