Teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang serta meningkatnya jumlah pengguna Smartphone di Indonesia membuat layanan Mobile Banking semakin populer. Mobile Banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau Smartphone. Namun, terdapat kesenjangan jumlah nasabah dan jumlah pengguna Mobile Banking pada setiap brand perbankan yang ada di Indonesia, selain itu juga diketahui bahwa kemampuan digital masyarakat di Indonesia masih jauh dibawah negara-negara lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan digital pengguna Mobile Banking dalam kesiapan perubahan digital perbankan di Indonesia, Khususnya di kota Jakarta. Dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Selanjutnya akan dilakukan pengolahan data menggunakam SPSS dan dilakukan analisis. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Exploratory Factor Analysis atau EFA dengan menggunakan software statistik SPSS Versi 24 mendapatkan data dari responden yang merupakan pengguna Mobile Banking di Jakarta sebanyak 370 orang. Penelitian ini hanya sebuah permulaan yang dapat berkontibusi dalam menemukan faktor-faktor pembentuk digital skill pada penggunaan mobile banking. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian berkelanjutan, serta melakukan konfirmasi dari hasil eksplorasi faktor pada penelitian iniuntuk memperkuat temuan.
Kata Kunci : Mobile Banking, EFA, Digital Skill