PENGARUH BOARD GENDER DIVERSITY, SLACK RESOURCES, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

RAISYA AULIANA QORDELIA

Informasi Dasar

23.04.1445
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan memiliki tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya melalui kegiatan operasional. Namun, dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya, perusahaan harus selalu beriringan dengan lingkungan sekitar. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan tidak hanya aspek ekonomi saja, melainkan aspek lingkungan dan aspek sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh board gender diversity, slack resources, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI periode 2020-2020.

Pada penelitian ini, teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, sebanyak 15 perusahaan yang menjadi sampel dalam kurun waktu 3 tahun, sehingga diperoleh 45 unit sampel yang diteliti. Model analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software IBM SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa board gender diversity, slack resources, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Secara parsial, slack resources, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Sedangkan board gender diversity berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).

Manajemen perusahaan disarankan untuk memiliki konsistensi dalam implementasi serta pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan agar dapat meningkatkan dan menjaga kredibilitas dan integritas perusahaan.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, board gender diversity, slack resources, ukuran perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY,

Katalog

PENGARUH BOARD GENDER DIVERSITY, SLACK RESOURCES, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAISYA AULIANA QORDELIA
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi - Pindahan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini