PENINGKATAN PROGRAM PENYULUHAN KEPADA KELOMPOK PERIKANAN (Studi Kasus Pos Pelayanan Penyuluhan Perikanan Kab. Tasikmalaya Wilayah Kerja Kecamatan Sukaratu)

INDI ALDINI IRMANSYAH

Informasi Dasar

23.04.1461
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Latar Belakang: Perikanan merupakan sektor integral dari pembangunan pertanian untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi serta menjadi pendapatan (kesejahteraan) masyarakat. Keberhasilan usaha hakikatnya adalah keberhasilan dari bisnis mencapai tujuannya, suatu bisnis dikatakan berhasil bila mendapat laba karena laba adalah tujuan dari seseorang melakukan bisnis. Upaya mencapai itu keberhasilan diperlukan rancangan penyuluhan pertanian yang baik. Wirausahawan yang berhasil ialah para pelaku bisnis yang mempunyai motif berprestasi tinggi yang memiliki karakterstik kewirausahaan. Salah satu kecamatan yang memiliki potensi untuk pengembangan usaha ikan di Kabupaten Tasikmalaya adalah Kecamatan Sukaratu. Kelompok perikanan yang ada di kecamatan sukaratu merupakan kelompok yang menghasilkan produksi ikan paling rendah. Permasalahan yang dialami oleh kelompok perikanan kurangnya dalam pengembangan usaha.

Tujauan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan penyuluhan, karakteritik kewirausahaan dan keberhasilan usaha kelompok perikanan, menganalisis rancangan penyuluhan dan karakteritik kewirausahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keberhasilan usaha perikanan Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Jenis penelitian: menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pendekatan deskripsi analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok perikanan di Kecmatan Sukaratu kabupaten Tasikmalaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling, penentuan pengambilan jumlah responden sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Data diperoleh menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan deskriptif.

Hasil penelitian : didapatkan karakteristik kewirausahaan kelompok perikanan  adalah memiliki inisiatitif dalam pengembangan usaha (80.21%), Keberhasilan usaha pada kelompok perikanan  yaitu terbangunnya citra yang baik bagi kelompok perikanan (80.85%), rancangan penyuluhan pada didasarkan atas tiga hal utama masalah yaitu belum mampu memasarkan ikan, kurangnya pengetahuan tentang manajemen pemeliharaan ikan dan tentang pengelolaan kualitas air.

Saran: Pembudidaya ikan disarankan untuk meningkatkan kemampuan dan kteerampilan dalam memanajemen pemasaran ikan.

 

Kata Kunci : Rancangan Penyuluhan, Karakteristik Kewirausahaan, Keberhasilan usaha

 

 

 

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENINGKATAN PROGRAM PENYULUHAN KEPADA KELOMPOK PERIKANAN (Studi Kasus Pos Pelayanan Penyuluhan Perikanan Kab. Tasikmalaya Wilayah Kerja Kecamatan Sukaratu)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDI ALDINI IRMANSYAH
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Budi Praptono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • IEI4B2 - ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEH4FA3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini