Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan sebuah sarana pelayanan masyarakat di bidang kesehatan dan memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Puskesmas sendiri merupakan unit pelaksana teknis dalam pembangungan kesehatan dalam suatu wilayah kerja. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, puskesmas memiliki sistem penilaian pelayanan yang diberikan pada masyarakat dan masih dilakukan secara manual. Untuk itu, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pelayanan kesehatan berbasis web pada puskesmas Nagrak, Kabupaten Sukabumi yang dapat diakses secara realtime.
Pada tugas akhir ini, dirancang sebuah Management Information System (MIS) menggunakan metode scrum. Scrum merupakan metode dengan pendekatan agile dalam pengembangannya, dengan kelebihan dapat mudah dalam mengatasi perubahan yang terjadi karena adanya feedback berkelanjutan dari user atau pengguna. Metode scrum terdapat tahapan Product Backlog, sprint planning, sprint execution sprint review, dan sprint retrospective. Product Backlog adalah daftar urutan pekerjaan dalam mengembangkan sistem penilaian puskesmas. Pada tahap sprint planning yang direncanakan sistem dibagi menjadi 3 sprint. Kemudian sistem selanjutnya akan diuji menggunakan uji sistem black box dan User Acceptance Test (UAT).
Setelah dilakukan pengujian sistem didapatkan nilai UAT kemudian nilai tersebut yang dijadikan acuan dalam keberhasilan sistem yang akan diterapkan. Tugas akhir ini menghasilkan sistem informasi yang sesuai kebutuhan aktivitas pemberian antrian, ketersediaan poli, dan pemberian nilai kepuasan pasien secara realtime dan dibagi menjadi 2 user yaitu umum sebagai pasien dan admin sebagai pengelola sistem dengan fiturnya masing-masing sehingga dapat memudahkan aktivitas pengelolaan Puskesmas.
Kata Kunci: Scrum, Sistem Informasi Manajemen, web