PT. XYZ merupakan perusahaan dealer resmi brand mobil Honda yang memiliki beberapa sub dealer salah satunya di Karawang. Dalam kurun waktu 2021, penjualan unit mobil dari PT. XYZ Sub Dealer Karawang mengalami fluktuasi dan ketidakcapaian target. Akar permasalahan berdasarkan fishbone diagram adalah faktor man yaitu karyawan tidak diberikan pengembangan serta tidak ada pengembangan untuk memenuhi job requirement. Kemudian faktor method yaitu pemasaran tidak efektif dan faktor environment yaitu persaingan brand dengan kompetitor. Alternatif solusi yang dipilih adalah perancangan kebutuhan pelatihan dan program pelatihan menggunakan framework ADDIE untuk meningkatkan kinerja karyawan sales PT. XYZ Sub Dealer Karawang. Berdasarkan hasil perancangan, kebutuhan pelatihan sales adalah kemampuan closing penjualan dengan nilai gap KKJ-KKP 2.54 dan kemampuan menyampaikan pesan penjualan dengan nilai gap KKJ-KKP 1.23. Kemudian menetapkan tujuan instruksional untuk pelatihan dengan 13 peserta serta identifikasi sumber daya. Penyampaian materi pelatihan menggunakan metode off the job training dengan strategi uji menggunakan tes pembelajaran dan tes kinerja. Pengembangan materi pelatihan dirancang yang didukung oleh pengembangan media pelatihan serta panduan peserta maupun pelajar terdiri dari persyaratan administrasi, tugas dan tanggung jawab, serta peraturan. Hasil perancangan program pelatihan terverifikasi berdasarkan perbandingannya dengan spesifikasi dan standar perancangan. Serta hasil rancangan tervalidasi berdasarkan target kinerja, management requirement, dan standar acuan yang sesuai dengan tujuan penelitian.