IMPLEMENTASI ALGORITMA PATHFINDING A* UNTUK NON-PLAYER CHARACTER PADA PERMAINAN “DEJAVU”

SARA LUTAMI PARDEDE

Informasi Dasar

97 kali
23.04.1688
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan industri game yang kini berkembang kian cepat menjadikan video game diimplementasikan banyak sekali kecerdasan buatan sebagai konten yang tersedia didalamnya. Salah satunya ialah penerapan pathfinding yang ada pada Non-Player Character (NPC). Pathfinding yang diterapkan tersebut bertujuan untuk membuat NPC bergerak dari titik awal ke tujuannya. Penerapan tersebut tentu saja diprogram dengan jenis algoritma pemilihan rute tercepat.

Adapun terjadi permasalahan dalam pemilihan keputusan oleh kecerdasan buatan dalam memilih rute tercepat masih sering terjadi pada game modern sekarang. Maka dari itu, penelitian mengenai penerapan algoritma pathfinding pada video game terus berlanjut hingga kini.

Dengan adanya permasalahan tersebut, penyusun menggunakan algoritma A* sebagai algoritma pencarian rute implementasikan pada NPC. Penyusun mendapati bahwa 7 dari 10 pengujian rute yang ditempuh berhasil dan pencarian rute algoritma A* dapat ditingkatkan hingga 9.2% dengan menambahkan beban di bagian heuristic pada algoritma.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORITMA PATHFINDING A* UNTUK NON-PLAYER CHARACTER PADA PERMAINAN “DEJAVU”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARA LUTAMI PARDEDE
Perorangan
Purba Daru Kusuma
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini