Koperasi sebagai salah satu badan usaha yang memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Koperasi memprioritaskan anggotanya untuk disejahterakan, dan semaksimal mungkin memberikan kontribusi untuk masyarakat di sekitarnya. Dengan menjalankan bisnis yang transparan, koperasi dapat menyokong peningkatan perekonomian di Indonesia dan menjadikan binsis yang berkelanjutan.
Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kondisi existing Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama sesuai dengan Business Model Canvas; 2) Untuk menganalisis formulasi strategi yang harus dijalankan Koperasi KKSU agar dapat mewujudkan SDG Target 8.2 Economic Productivity digambarkan dengan Sustainable Business Model Canvas. Metode penelitian menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan berkaitan dengan kondisi existing Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama (KKSU) sesuai dengan Business Model Canvas dan membangun Sustainability Business Model Canvas yang baru yaitu koperasi perlu memfokuskan kembali pada element value proporsition dan chanels yaitu peningkatan kompetensi SDM pegawai dilingkungan koperasi, menyediakan biaya untuk meningkatkan kompetensi SDM dan pengadaan aplikasi yang menunjang kompetensi SDM, menyesuaikan penggajian pegawai, menjalankan ide bisnis baru dan menerapkan transparansi diseluruh sektor bisnis koperasi serta menambah media sosial komunikasi sebagai Strategi yang dilakukan Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama (KKSU) dalam menjalankan bisnis koperasi untuk mendukung SDG Taget 8.2 Economic Productivity.
Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan model strategi bisnis bagi koperasi. Penelitian ini menyarankan bagi bisnis Koperasi KKSU harus meningkatkan komptensi Sumber Daya Manusia agar koperasi dapat beradaptasi dengan perubahan terutama yang berkaitan dengan teknologi. Bagi penelitian selanjutnya yang akan meneliti terkait dengan startegi hendaknya dapat dilakukan lebih fokus pada penerapan transformasi digital di koperasi KKSU serta, diharapkan menggunakan aplikasi dalam analisis datanya agar penelitian terhindar dari subjektifitas.
Kata Kunci: Formulasi, Strategi Bisnis, Koperasi, BMC, SBMC, SDGs.