PERUMUSAN SUSTAINABLE BUSINESS MODEL CANVAS (SBMC) UNTUK BERKONTRIBUSI MEWUJUDKAN SDG TARGET 8.2 ECONOMIC PRODUCTIVITY (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama di PT. Indonesia Power Kamojang, Desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandu

VERA ELYSA RISTI

Informasi Dasar

351 kali
23.05.066
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Koperasi sebagai salah satu badan usaha yang memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Koperasi memprioritaskan anggotanya untuk disejahterakan, dan semaksimal mungkin memberikan kontribusi untuk masyarakat di sekitarnya. Dengan menjalankan bisnis yang transparan, koperasi dapat menyokong peningkatan perekonomian di Indonesia dan menjadikan binsis yang berkelanjutan.

Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kondisi existing Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama sesuai dengan Business Model Canvas; 2) Untuk menganalisis formulasi strategi yang harus dijalankan Koperasi KKSU agar dapat mewujudkan SDG Target 8.2 Economic Productivity digambarkan dengan Sustainable Business Model Canvas. Metode penelitian menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan berkaitan dengan kondisi existing Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama (KKSU) sesuai dengan Business Model Canvas dan membangun Sustainability Business Model Canvas yang baru yaitu koperasi perlu memfokuskan kembali pada element value proporsition dan  chanels yaitu peningkatan kompetensi SDM pegawai dilingkungan koperasi, menyediakan biaya untuk meningkatkan kompetensi SDM dan pengadaan aplikasi yang menunjang kompetensi SDM, menyesuaikan penggajian pegawai, menjalankan ide bisnis baru dan menerapkan transparansi diseluruh sektor bisnis koperasi serta menambah media sosial komunikasi sebagai Strategi yang dilakukan Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama (KKSU) dalam menjalankan bisnis koperasi untuk mendukung SDG Taget 8.2 Economic Productivity.

Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan model strategi bisnis bagi koperasi. Penelitian ini menyarankan bagi bisnis Koperasi KKSU harus meningkatkan komptensi Sumber Daya Manusia agar koperasi dapat beradaptasi dengan perubahan terutama yang berkaitan dengan teknologi. Bagi penelitian selanjutnya yang akan meneliti terkait dengan startegi hendaknya dapat dilakukan lebih fokus pada penerapan transformasi digital di koperasi KKSU serta, diharapkan menggunakan aplikasi dalam analisis datanya agar penelitian terhindar dari subjektifitas.


Kata Kunci: Formulasi, Strategi Bisnis, Koperasi, BMC, SBMC, SDGs.

Subjek

BUSINESS STRATEGY
STRATEGI BISNIS,

Katalog

PERUMUSAN SUSTAINABLE BUSINESS MODEL CANVAS (SBMC) UNTUK BERKONTRIBUSI MEWUJUDKAN SDG TARGET 8.2 ECONOMIC PRODUCTIVITY (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Kosaka Sejahtera Utama di PT. Indonesia Power Kamojang, Desa Laksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandu
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VERA ELYSA RISTI
Perorangan
Ratna L. Nugroho, Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI
  • EMI2H6 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini