Setiap perguruan tinggi perlu fokus pada kinerja dosen jika meginginkan perguruan tinggi berkembang dan menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 168 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 63 orang. Instrumen pengumpul data penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 38 item pernyataan untuk mengukur kompetensi, motivasi, dan kinerja. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi korelasi antara kompetensi dan motivasi sebesar 0,00<0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi dan motivasi. Kemudian hasil pengujian korelasi antara kompetensi dan motivasi terhadap kinerja diketahui bahwa nilai Fhitung pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja yaitu 21,260 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,00<0,05 artinya kompetensi dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen.