Universitas Telkom memiliki aktivitas rutin yaitu pengukuran kinerja. Aktivitas pengukuran kinerja dilaksanakan setiap triwulan dalam setahun. Dalam melakukan aktivitas pengukuran kinerja, Universitas Telkom memiliki unit khusus yang bertugas dalam mengelola aktivitas pengukuran kinerja. Unit P3I (Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian Institusi) selaku yang bertugas mengelola pengukuran kinerja. Pada saat ini unit P3I mengelola pengukuran kinerja masih menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel dan atau Spreadsheet. Penggunaan aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan yang dimana ketika mengelola dan melakukan proses pengukuran menjadi kurang efektif dan efisien.
Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini akan merancang dan membangun sistem front-end aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja. Sistem aplikasi yang dibangun berbasis website. Aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja ini bernama Tel-U PROMENT (Performance Measurement). Metode yang digunakan yaitu Balanced Scorecard sebagai pengukuran kinerja dan User Centered Design (UCD) sebagai perancangan antarmuka yang berfokus pada kebutuhan pengguna akhir. Pengujian sistem aplikasi akan menggunakan metode Black Box Testing, White Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT).
Berdasarkan hasil pengujian Black Box dan White Box terhadap pembangunan aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja telah berhasil dibangun karena seluruh skenario yang diujikan dipengujian Black Box dan White Box sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil pengujian UAT terhadap alur program yang dilakukan oleh unit P3I menyatakan aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja sudah baik sebanyak 33,33% responden dan dapat dinyatakan bahwa aplikasi belum mudah untuk digunakan. Sedangkan pengujian UAT terhadap output perhitungan pengukuran yang dilakukan oleh unit P3I menyatakan aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja sudah baik sebanyak 66,67% responden dan dapat dinyatakan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan.
Kata Kunci: Aplikasi, Pengukuran Kinerja, Front-End, Balanced Scorecard