Salah satu perkembangan teknologi komunikasi dan informasi adalah peralihan penggunaan media cetak menjadi penggunaan berita online yang meningkat hingga 26,7% pada tahun 2021. Meskipun tingkat penggunaannya sangat tinggi, masih sangat banyak pengguna berita online di Indonesia yang kurang puas (e-satisfaction) dengan apa yang disajikan para pelaku industri ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi e-satisfaction pada berita online di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian exploratory menggunakan jenis investigasi studi kausal, yang bertujuan untuk menggali/mencari variabel-variabel atau faktor-faktor yang terdapat pada suatu fenomena/kondisi/setting sosial tertentu.
Hasil penelitian dengan 315 sampel telah menunjukkan bahwa terdapat dua faktor dominan yang mempengaruhi e-satisfaction pada berita online di Indonesia, yaitu Web & Content Quality Factor (Faktor Kualitas Situs dan Konten) dan Customer Support & Internet Connection Factor (Faktor Dukungan Pelanggan dan Kualitas Internet). Faktor pertama yaitu Web & Content Quality Factor (Faktor Kualitas Situs dan Konten) merupakan faktor paling dominan yang ditemukan pada penelitian ini.
Kata kunci: Berita online, E-Satisfaction, Analisis Faktor