Kajian Tokoh Perempuan Sebagai Strategi Kreatif Dalam Iklan Shell Semangat Jalan

FUJAYANA RACHMAT

Informasi Dasar

118 kali
23.05.117
659.1
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dalam periklanan, pemilihan target pasar atau segmentasi yang spesifik berperan penting untuk dapat membidik calon pembeli dengan tepat dan efisien. Shell merupakan sebuah perusahaan yang dikenal sebagai produsen bahan bakar minyak dan produk otomotif lainnya. Dengan beragam produk dan layanan pendukung otomotif yang ditawarkannya, Shell memiliki citra yang sangat erat dengan maskulinitas pria, sehingga iklan yang dibuatnya cenderung menampilkan sosok pria tangguh dengan pemilihan elemen visual yang maskulin. Pada tahun 2019, Shell merubah strategi kreatifnya dengan meluncurkan sebuah iklan bertajuk Semangat Jalan yang menggunakan sosok perempuan sebagai tokoh utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemilihan perempuan sebagai strategi kreatif yang digunakan pada iklan Shell Semangat Jalan menggunakan analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik untuk menggali makna yang terkandung dalam objek penelitian, selain itu dilakukan juga wawancara kepada narasumber kunci selaku pembuat iklan untuk menggali strategi kreatif yang digunakan, serta Focus Group Discussion kepada target audiens untuk mendapatkan persepsi mengenai Iklan Shell Semangat Jalan dan strategi kreatif yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa iklan Shell Semangat Jalan menggunakan tokoh perempuan sebagai strategi kreatif dengan menggali insight audiens dengan dalam dan menggambarkannya secara nyata dalam iklan. Strategi kreatif yang dipilih berhasil membangun ikatan emosional antara Shell sebagai pengiklan dengan target audiens-nya.Dalam periklanan, pemilihan target pasar atau segmentasi yang spesifik berperan penting untuk dapat membidik calon pembeli dengan tepat dan efisien. Shell merupakan sebuah perusahaan yang dikenal sebagai produsen bahan bakar minyak dan produk otomotif lainnya. Dengan beragam produk dan layanan pendukung otomotif yang ditawarkannya, Shell memiliki citra yang sangat erat dengan maskulinitas pria, sehingga iklan yang dibuatnya cenderung menampilkan sosok pria tangguh dengan pemilihan elemen visual yang maskulin. Pada tahun 2019, Shell merubah strategi kreatifnya dengan meluncurkan sebuah iklan bertajuk Semangat Jalan yang menggunakan sosok perempuan sebagai tokoh utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemilihan perempuan sebagai strategi kreatif yang digunakan pada iklan Shell Semangat Jalan menggunakan analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik untuk menggali makna yang terkandung dalam objek penelitian, selain itu dilakukan juga wawancara kepada narasumber kunci selaku pembuat iklan untuk menggali strategi kreatif yang digunakan, serta Focus Group Discussion kepada target audiens untuk mendapatkan persepsi mengenai Iklan Shell Semangat Jalan dan strategi kreatif yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa iklan Shell Semangat Jalan menggunakan tokoh perempuan sebagai strategi kreatif dengan menggali insight audiens dengan dalam dan menggambarkannya secara nyata dalam iklan. Strategi kreatif yang dipilih berhasil membangun ikatan emosional antara Shell sebagai pengiklan dengan target audiens-nya.Dalam periklanan, pemilihan target pasar atau segmentasi yang spesifik berperan penting untuk dapat membidik calon pembeli dengan tepat dan efisien. Shell merupakan sebuah perusahaan yang dikenal sebagai produsen bahan bakar minyak dan produk otomotif lainnya. Dengan beragam produk dan layanan pendukung otomotif yang ditawarkannya, Shell memiliki citra yang sangat erat dengan maskulinitas pria, sehingga iklan yang dibuatnya cenderung menampilkan sosok pria tangguh dengan pemilihan elemen visual yang maskulin. Pada tahun 2019, Shell merubah strategi kreatifnya dengan meluncurkan sebuah iklan bertajuk Semangat Jalan yang menggunakan sosok perempuan sebagai tokoh utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemilihan perempuan sebagai strategi kreatif yang digunakan pada iklan Shell Semangat Jalan menggunakan analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis semiotika teks dan aksis sintagmatik dan paradigmatik untuk menggali makna yang terkandung dalam objek penelitian, selain itu dilakukan juga wawancara kepada narasumber kunci selaku pembuat iklan untuk menggali strategi kreatif yang digunakan, serta Focus Group Discussion kepada target audiens untuk mendapatkan persepsi mengenai Iklan Shell Semangat Jalan dan strategi kreatif yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa iklan Shell Semangat Jalan menggunakan tokoh perempuan sebagai strategi kreatif dengan menggali insight audiens dengan dalam dan menggambarkannya secara nyata dalam iklan. Strategi kreatif yang dipilih berhasil membangun ikatan emosional antara Shell sebagai pengiklan dengan target audiens-nya.

Subjek

ADVERTISING
IKLAN-PROMOSI,

Katalog

Kajian Tokoh Perempuan Sebagai Strategi Kreatif Dalam Iklan Shell Semangat Jalan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FUJAYANA RACHMAT
Perorangan
Ira Wirasari, Ilhamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini