Dalam keuangan usaha sangat berpengaruh besar pada aktivitas usaha. Dalam melakukan pencatatan ini ada di aplikasi pencatatan keuangan usaha. Aplikasi keuangan ini menjadi hal baru di masyarakat, sehingga aplikasi pengelola keuangan ini kurang dikenal dan sedikit yang menyediakan aplikasi keuangan excel yang bisa digunakan dimana saja. Ruang Kolaborasi Nusantara membuat aplikasi pencatatan keuangan yaitu SILAKU yang bisa digunakan untuk mempermudah pelaku usaha melakukan pencatatan keuangan secara lengkap dan mudah melalui excel yang simple dan mudah di mengerti para pelaku usaha. Aplikasi ini kurang edukasi dari cara penggunaan aplikasi tersebut, sehingga target audience merasa ragu untuk menggunakan aplikasi ini, walaupun upaya promosi dilakukan oleh RKN. Ruang Kolaborasi Nusantara harus membuat event untuk mengedukasi para pelaku usaha tentang aplikasi sehingga membuat ketertarikan dengan perancangan yang visual dan komunikasi yang tepat sehingga kesadaran menggunakan aplikasi meningkat untuk membantu para pelaku usaha. Dalam perancangan media acara perusahaan, menggunakan metode AISAS dan variasi media untuk meningkatkan awareness, sehingga meningkatkan tingkat popularitas yang disebarkan secara daring. Perancangan strategi media yang tepat, maka dilakukan riset dengan metode kualitatif seperti melakukan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka terhadap SILAKU dengan subjeknya. Menganalisis data tersebut memakai metode SWOT dan AOI yang dapat memberikan insight dalam perancangan event perusahaan menjadi relevan.