E-learning merupakan sistem pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. E-learning sendiri sudah menjadi bagian dari keseharian para siswa di Indonesia, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai ke universitas. Tetapi penerapan e-learning di Indonesia masih tidak efektif baik dari sisi institusi maupun mahasiswa. Elearning readiness dapat didefinisikan sebagai tingkat kesiapan sebuah institusi berdasarkan factor yang harus diukur sebelum e-learning dapat diterapkan untuk tujuan tertentu. E-learning readiness ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada. Faktor-faktor tersebut harus memenuhi nilai acuan minimum agar e-learning dapat diterapkan. Pada pengerjaan tugas akhir ini, penulis membangun sebuah aplikasi survey berbasis web untuk pengukuran e-learning readiness. Dalam sistem yang dibangun, terdapat 13 faktor utama yang menjadi poin penilaian dan dalam faktor tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang menilai e-learning readiness. Hasil pada sistem menunjukan bahwa sistem sudah berhasil melakukan perhitungan, dan keluaran sistem sudah sama dengan sampel data yang digunakan untuk uji coba validasi sistem dan siap digunakan untuk pengukuran e-learning readiness pada perguruan tinggi.