Candita, Rara. 2022. Rancangan Visual Novel “Oalah” untuk Memahami Interaksi Sosial Asosiatif pada Budaya Masakan Tionghoa-Indonesia. Tugas Akhir. Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom, Bandung. Keberadaan Indonesia sebagai pusat perdagangan di masa silam telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh pedagang dari berbagai belahan dunia. Hal ini menciptakan adanya persilangan budaya dari berbagai peradaban yang melakukan perdagangan dengan Indonesia. Salah satu kebudayaan yang memiliki peran besar terhadap budaya Indonesia adalah budaya Tionghoa. Terjadinya interaksi sosial asosiatif antar dua kebudayaan telah menciptakan banyak bentuk persilangan budaya. Salah satu hasil dari persilangan budaya tersebut adalah adanya masakan yang merupakan perpaduan dari budaya Tionghoa dan Indonesia. Namun, masyarakat seringkali tidak mengetahui asal-usul sesungguhnya dari masakan-masakan tersebut. Penelitian dan perancangan ini bertujuan untuk menggunakan pendekatan berbasis visual novel untuk mengkomunikasikan kepada khalayak mengenai asal-usul sesungguhnya dari masakan tersebut. Proses penelitian dan perancangan ini menggunakan metode triangulasi yang dipadukan dengan analisis produk sejenis untuk meningkatkan validitas keluaran. Hasil keluaran dari perancangan ini adalah sebuah artbook yang merupakan bagian dari visual novel dalam bentuk yang lebih mudah untuk dipresentasikan. Proses pengembangan meliputi proses intergrasi budaya Tionghoa-Indonesia, perancangan konsep visual latar, karakter dan objek makanan. Proses produksi dilakukan secara paralel dengan mengembangkan karakter dan latar secara bersamaan. Latar dalam proses produksi ini dikembangkan menggunakan objek 3D yang kemudian disesuaikan menjadi objek 2D dan kemudian ditumpang-tindihkan sebagai objek latar belakang. Karakter dalam proses produksi dikembangkan berasamaan dengan objek makanan yang mana kemudian akan digabungkan dengan latar sehingga menjadi sebuah adegan visual novel. Proses ini kemudian diulang sehingga seluruh scene selesai diproduksi. Keseluruhan perancangan visual novel ini telah mampu untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai masakan Indonesia yang berasal-usul dari etnis Tionghoa. Kata Kunci: Visual novel, Tionghoa, Masakan, Artbook, Interaksi sosial asosiatif.