PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER ENDORSEMENT MENGGUNAKAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP MINAT BELI PRODUK AVOSKIN

KHAERUNNISA FAUZIAH RAHMALIA

Informasi Dasar

127 kali
23.04.2828
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era saat ini, bisnis kosmetika wanita terutama pada rangkaian perawatan wajah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Didukung oleh perkembangan sosial media, maka electronic word of mouth (eWOM) dan influencer endorsement menjadi salah satu cara efektif untuk melakukan marketing. Diiringi bermunculan platform untuk review produk skincare dan juga banyaknya beauty influencer. Adanya influencer endorsement dan customer review dapat menjadi pengaruh seorang customer dalam minat beli terhadap suatu produk. Analisis pengaruh ulasan pelanggan dan pengaruh influencer endorsement terhadap minat beli yang dimoderasi oleh citra merek adalah tujuan penelitin ini. Metode yang digunakan adalahapendekatanakuantitatif dengan populasi seluruh peminat skincare yang berada di Indonesia. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel terhadap 385 responden dengan kriteria konsumen mengetahui produk avoskin. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitianamenunjukkanabahwa variabel customer review memiliki hubungan positif danasignifikan terhadap minat beli dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,385, variabel influencer endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadapaminatabeliadengan nilai koefisienaregresi yakni 0,266. Sedangkan citra merek memoderasi hubungan customer review dan influencer endorsement terhadap minat beliakarenaamemilikianilai T value kurang dari 0,05 yaitu berturutturut sebesara0,000 dan 0,035. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, diharapkan avoskin dapat meningkatkan kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen avoskin. Disamping itu, avoskin diharapkan untuk terus melakukan promosi menggunakan influencer endorsement dan memperhatikan citra merek sehingga intergritas dan kredibilitas produk dapat meningkatkan reputasi dan minat beli konsumen.

Kata Kunci: e-WOM, ulasan pelanggan, dukungan selebriti, citra merek, minat beli

Subjek

Marketing
 

Katalog

PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER ENDORSEMENT MENGGUNAKAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP MINAT BELI PRODUK AVOSKIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAERUNNISA FAUZIAH RAHMALIA
Perorangan
Dedi Iskamto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini