ABSTRAK
UMKM saat ini memberikan banyak kontribusi dalam dunia perekonomian Indonesia, terlebih saat pandemi berlangsung. Kini para UMKM sudah mulai beradaptasi dengan teknologi yang ada, mereka mulai untuk menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, salah satu aplikasi yang mereka gunakan sebagai sarana promosi adalah TikTok. Saat ini aplikasi TikTok paling banyak digunakan oleh para generasi Y dan Z khususnya masyarakat Indonesia, namun apakah dengan pelaku UMKM melakukan promosi di TikTok dapat memberikan awareness kepada para generasi Y dan Z. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah content marketing, influencer dan faktor psikologis dapat mempengaruhi brand awareness pada generasi Y dan Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, penelitian ini mengambil 100 orang responden dengan kriteria menggunakan TikTok dan pernah membeli produk UMKM setelah melihat produknya di beranda TikTok mereka. Teknik pengambilan sampel dengan cara membagikan kuisoner online melalui platform kudata.id, menyebarkan melalui komunitas online, serta membagikannya kepada teman, dan saudara.
Kata Kunci: content marketing, influencer, faktor psikologis, brand awareness
ABSTRACT
SMEs are currently making many contributions to the Indonesian economy, especially during the pandemic. Now, SMEs have started to adapt to existing technology, they are starting to use social media as a means of promotion, one of the applications they use as a means of promotion is TikTok. Currently the TikTok application is most widely used by generations Y and Z, especially the Indonesian people, but can SME actors carry out promotions on TikTok can raise awareness for generations Y and Z. This research was conducted to find out whether content marketing, influencers and psychological factors can influence brand awareness in
generations Y and Z. This study uses a quantitative method using data analysis techniques using multiple regression analysis, this study takes 100 respondents with the criteria of using TikTok and having bought SME products after seeing the product on their TikTok homepage. The sampling technique is by distributing online questionnaires through the Kudata.id platform, distributing them through online communities, and sharing them with friends and relatives.
Keywords: content marketing, influencer, psychological factor, brand awareness